Mengenal Teori Nebula (Kabut)

Pengertian Teori Nebula (Kabut)

Teori nebula atau teori kabut adalah salah satu teori terbentuknya tata surya dan evolusi alam semesta. Nebula berasal dari bahasa Latin yang artinya "kabut", dimana dalam ilmu kosmogoni mengandung pengertian sebagai awan antar bintang yang tersusun atas debu, gas, dan plasma. Teori nebula sebenarnya pertama kali dikemukakan oleh ilmuwan Jerman Emanuel Swedenborg pada tahun 1734. Akan tetapi teori tersebut masih dibatasi pada ruang lingkup tertentu, sehingga pada tahun 1775 Immanuel Kant berhasil menyempurnakan teori tersebut. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 1796 Pierre Marquis de Laplace mengadopsi sekaligus mengembangkan teori tersebut yang pada akhirnya terbentuk teori yang dikenal juga dengan sebutan Teori Nebula Kant-Laplace.

Pencarian lainnya yang terkait artikel ini adalah teori nebula, teori kabut nebula, gambar teori nebula, teori nebula dikemukakan oleh, teori nebula adalah, pengertian teori nebula, teori nebula kabut gas dikemukakan oleh, kabut nebula. Teori kabut nebula dikemukakan oleh, isi teori nebula, jelaskan tentang teori nebula, teori kabut atau nebula, penemu teori nebula, ciri khas teori nebula, teori hipotesis nebula. Teori nebula atau kabut, apa itu teori nebula, teori nebula immanuel kant, teori nebula kant laplace, pencetus teori nebula. Ciri khas teori nebula dalam pembentukan tata surya, jelaskan teori nebula, teori nebular, teori kabut (nebula), teori nebula kabut gas.


Teori nebula menyebutkan bahwa pada tahap awal, tata surya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari debu, es, gas, dan plasma yang disebut nebula, dan unsur gas yang sebagian besar hidrogen. Gaya gravitasi yang dimilikinya menyebabkan kabut itu menyusut dan berputar dengan arah tertentu, sehingga mengakibatkan suhu kabut memanas, dan pada akhirnya menjadi bintang raksasa (matahari). Bintang raksasa terus menyusut dan berputar semakin cepat, mengakibatkan cincin-cincin gas dan es terlontar ke sekeliling matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan akhirnya membentuk planet.

Selanjutnya, Laplace mengembangkannya dan berpendapat bahwa "tata surya berasal dari kabut panas yang terus berputar dan membentuk gumpalan kabut berbentuk bulat seperti bola besar. Karena terus berputar bentuk bola itu pepat pada kutubnya dan melebar pada bagian equatornya. Sebagian massa gas pada equatornya akan menjauh dari gumpalan inti dan akan membentuk cincin-cincin yang melingkari bagian intinya. Dalam jangka waktu yang lama cincin-cincin itu akan berubah menjadi gumpalan padat yang kecil-kecil yang disebut palnet. Sedangkan inti kabut berbentuk gas pijar yang disebut matahari".

Pada prinsipnya, teori Nebula Kant-Laplace atau teori kabut menceritakan kejadian tersebut dalam empat tahapan yaitu :
  1. Pada awalnya matahari dan planet-planet belum ada, semuanya masih berbentuk gas serta kabut yang begitu pekat dan besar.
  2. Akibat gaya grafitasi, kabut tersebut terus berputar dan berpilin dengan kuat, menyebabkan pemadatan terjadi di pusat lingkaran yang kemudian membentuk matahari.
  3. Pada saat yang bersamaan, materi lainnya pun terbentuk menjadi massa yang lebih kecil dari matahari yang disebut sebagai planet, dan kemudian bergerak mengelilingi matahari.
  4. Benda-benda tersebut (planet) kemudian tumbuh makin besar dan terus melakukan gerakan secara teratur mengelilingi matahari dalam satu orbit.
teori nebula kant-laplace
Gambar ilustrasi teori nebula.
Artikel ini ditemukan dengan pencarian seperti: teori nebula pertama kali dikemukakan oleh, teori kabut nebula oleh immanuel kant, jelaskan isi teori nebula, gambar hipotesis nebula, deskripsikan tentang teori nebula, teori nebulae, gambar teori kabut nebula. Teori kabut atau nebula dikemukakan oleh, menurut teori nebula tata surya terbentuk karena, bagaimana awal pembentukan tata surya menurut teori kabut nebula, hipotesis nebula, teori kabut/nebula, penjelasan teori nebula. Terbentuknya tata surya menurut teori nebula, teori nebula menurut immanuel kant, tata surya menurut teori nebula, tokoh teori nebula, kant laplace hipotesis nebular. Pengertian hipotesis nebula, pengertian nebula, teori nebula tata surya, hipotesis kabut nebula, ilustrasi teori nebula, teori tata surya nebula, inti dari teori kabut nebula.

Penemu Teori Nebula (Kabut)

Immanuel Kant : lahir pada lahir pada tahun 1724 di Königsberg, ibukota Prusia pada waktu itu. Kant adalah anak keempat dari sembilan bersaudara. Ayahnya bernama Johann Georg Kant dan ibunya adalah Anna Regina Kant. Immanuel Kant menempuh pendidikan dasarnya di Saint George's Hospital School, kemudian dilanjutkan ke Collegium Fredericianum. Selanjutnya, kant menempuh pendidikan di University of Königsberg Pada tahun 1740 dan disitu ia mempelajari filosofi, matematika, dan ilmu alam. Pada tahun 1755-1770, Kant bekerja sebagai dosen yang terus mempublikasikan naskah ilmiah dengan berbagai macam topik. Gelar profesor didapatkan Kant di Königsberg pada tahun 1770. Immanuel Kant meninggal dunia pada tahun 1804 di usianya yang ke 80 tahun.


Pierre-Simon, Marquis de Laplace : lahir tanggal 23 Maret 1749, merupakan ahli matematika dan astronom asal Perancis. Ayah Laplace adalah keluarga petani yang tinggal di Beaumont-en-Auge, distrik Calvados, Perancis dan ibunya bernama Marie-Anne Sochon. Umur 16 tahun, Laplace masuk Universitas Caen dan menonjol di bidang matematika. Pada tahun 1773, di depan Akademi Perancis, dia membuktikan bahwa gerakan planet-planet adalah stabil. Laplace juga mencetuskan teori Transformasi Laplace, Operator Laplace, Ekuasi Laplace, dan mekanika selestial. Laplace tutup usia pada tanggal 5 Maret 1827 di umurnya yang ke 77 tahun.

Kata-kata yang digunakan untuk mencari artikel ini adalah penjelasan tentang teori nebula, teori nebula/kabut, kelebihan dan kelemahan teori nebula, kelemahan teori nebula, pembentukan tata surya menurut teori nebula, ciri ciri nebula. Inti dari teori nebula, apa yang dimaksud dengan teori nebula, definisi nebula, inti teori nebula, proses terbentuknya tata surya menurut teori nebula. Isi dari teori nebula, pembentukan tatasurya menurut teori nebula, terjadinya tata surya menurut teori nebula, proses terbentuknya nebula, ciri ciri teori nebula, teori nebula dan pasang surut. Nebula, teori nebula oleh immanuel kant dan laplace, perbedaan teori nebula dan teori planetesimal, nebula adalah, teori pembentukan tata surya nebula. Hipotesis nebular, proses pembentukan tata surya menurut teori nebula, gambar nebula, teoria nebula, perbedaan teori nebula dan teori pasang surut.
Next Post
2 Comments
  • juara
    juara September 6, 2016 at 1:38 AM

    ohhh gitu ya

  • Gabrielmarcelina
    Gabrielmarcelina November 26, 2016 at 8:15 AM

    Bagus banget buat persiapan sblm ulangan

Add Comment
comment url